Flash Blogging “Menuju Indonesia Maju” 2018

Alhamdulillah akhirnya setelah lama tidak pernah hadir diacara pertemuan blogger. Hari ini tanggal 2 Maret 2018 di Hotel Aria Gajayana Malang dapat hadir juga dengan penuh perjuangan sekali. Maklum sudah emak-emak dengan anak yang memiliki kewajiban sekolah dan mengaji harus ditinggalkan untuk kali pertamanya.

Pagi jam 4 sudah harus bangun dimulai dari masak buat sarapan dan siapin perlengkapan sehari ini. Akhirnya jam 8:05 sampai di hotel Aria Gajayana Malang, well hotelnya bagus banget dingin ya dan ternyata round table mewah yang menjadikan kita lebih rilex dalam mengikuti acara selama seharian ini.

Acara ini diselanggarakan oleh Kominfo Kota Malang yang mana salah satu pembicaranya adalah Mira Sahid dari Jakarta.

Mira Sahid

Mira Shahid adalah pemilik dari website www.mirasahid.com. Cantik orangnya tapi jangan salah beliau sudah punya 2 anak. Menurut saya karena beliau adalah instruktur Yoga jadi looks younger than ages. Hidup sehat emang bikin awet muda.

Menulis itu sesuai dengan data jangan mengakali data sehingga tidak ada ketimpangan data. Kritik itu harus dibarengi dengan solusi sehingga tidak masuk dalam pencemaran dan gunakan tata bahasa yang baik dan beretika sehingga bukan jatuhnya menghina dan melukai orang lain

Etika offline seharusnya dibawa kerahan online. Jika memang di offline sopan dalam berprilaku semestinya juga sopan santun beretika di online sehingga menjadikan tulisan kita baik di short story instagram atau di blog kita tetap enak dibaca dan tidak melukai. Ada prinsip YOU ARE WHAT YOU WRITE.

You Are What You Write adalah salah satu ilmu bagi saya yang lumayan mengena dihati selama mengikuti sesi ini. Yamg mana ini bisa menjadi bekal dalam menuliskan sesuatu di blog kita, memang ada aturan sendiri menulis di blog dengan menulis di kolom berita, tapi tetap saja menulis di blog ada aturan tidak tertulis yang “wajib” diikuti, Yaitu :

T is it true? Apakah berita ini benar dan bisa dipertanggung jawabkan?
H is it Hurtful? Apakah berita ini tidak menyinggung atau menyakiti salah satu pihak lain?
I is it ilegall? Apakah ini sah dan bukan asal comot berita atau gambar dari orang lain?
N is it necessary? Apakah yang kalian tuangkan dalam tulisanmu itu bermanfaat dan diperlukan bagi pembacanya
K is it Kind? Apakah tulisan ini sangat nyaman untuk dibaca dan penulisnya juga.

Mencari ide kreative ada beberapa yang bisa di galih yaitu:

  • Membaca
  • Berlatih
  • Efek Visual
  • Inner Link
  • Positive
  • Olahan kata

Ada beberapa peserta yang bertanya dengan sangat mengharukan dengan tujuan mulia. Apa yang kita tulis bisa memberikan banyak inspirasi.

 

 

Banyak ilmu yang diberikan oleh mbak Mira ini, terutama berkaitan dengan bagiaman menjadi penulis dimedia sosial dengan bijak , menginsoirasi dan juga memberikan dukungan untuk orang lain. Banyaknya konten sekarang yang beredar dimedia sosial memang sangat menyesatkan. Apalagi bagi para orang tua yang baru memiliki gadget, dan bersosial. Konten-konten tanpa tanggung jawab bahkan bisa mencuci otak para pembaca. Biasanya memberikan konten HOAX ini karena mereka ingin menjatuhkan salah satu pihak atau justru hanya untuk memuaskan diri mereka sendiri karena kepuasan sesaat.

Blog sekarang beralih bukan hanya di blog saja atau website. Banyanya media sosial memberika mereka peluang untuk menjadi penulis instant, seperti short story di instagram, Diary di facebook dll. Namun jika tanpa pengetahuan akan besarnya peran mereka dalam menyebarkan berita dan etika bermedia sosial, maka yang ada bukan hanya berita HOAX saja yang bisa kita baca sekarang. Tapi foto korban kecelakaan tanpa di blur, ujaran kebencian terhadap sesuatu, bahkan komentar pedas yang bisa menjatuhkan mental seseorang.

Pembicara yang kedua adalah pembicara dari perwakilan Staf Khusus Pesiden Joko Widodo yaitu Pak Handoko yang memakai kemeja putih, suka ya ama orang berjas putih itu. Soalya kita jadi foku sama pemberi materi bukan ama corak bajunya. Banyak yang dipaparkan oleh beliau ini, mulai dari kita supaya tidak terkontiminasi berita HOAX, terlebih lagi menyebarkan yang biasanya kita sebarkan via sosial media ya, seperti Whatsapp Group, Facebook, Twitter, dll. Karena apa yang kita tulis ini akan tersimpan selamanya jika kita tidak menghapusnya. Karenanya buatkan konten yang bermanfaat siapa tau kelak akan akan dibaca oleh anak turun kita.

Beberapa materi beliau adalah mengajak kita untuk “Jangan pernah Lelah Mencintai Indonesia”. Jujur saya suka banget, karena jujur lagi… dan lagi…. saya bosan baca status di medsos yang menyudutkan negara kita, pimpinan negara juga, baik salah gak baik malah lebih salah lagi. Sudut Istana adalah salah satu channel youtube Pak Jokowi yang diperlihatkan oleh Pak Handoko. Saat melihat video ini jadi terharu bagaimana perjuangan membawa BBM ke Papua. Memang hidup adalah pilihan-pilihan sulit yang kita jalani dan perjuangkan. Tapi bagaimanapun menjadi tetap bermanfaat bagi orang lain adalah tujuan utama kita dalam hidup.

Terima kasih untuk http://kominfo.malangkota.go.id Kominfo Kota Malang sudah mengundang www.rumahtsaqif.com untuk hadir diacara Flashblogging “Menuju Indonesia Maju” 2018 di Malang. Mari maju bersama dengan menulis hal-hal baik di media sosial supaya Indonesia menjadi negara Maju yang sangat postif dan sehat.

rumahtsaqif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Editor & Writer by Abi Rif'at & Nana Fatma IBX583692816BEBF